Text
Pendidikan Kritis
Selama ini beberapa kajian kritis terhadap arus neoliberalisasi, standardisasi, dan kekaburan beberapa kebijakan pendidikan nasional memang sudah muncul. Namun sayang, sebagian besar kurang kuat dasar teoretik analisisnya, serta belum jelas solusi yang diajukan. Di dalam buku ini problem-problem tersebut diulas secara kritisrnmenggunakan perspektif pedagogi kritis sekaligus solusinya. Berikut ini beberapa tema yang dikritisi:rnrn+ Basis ideologis dan strategi gerakan untuktransformasi dan keadilan sosial;rn+ Rumusan konsep evaluasi kontekstual dan autentik sebagai tandingan dari PISA dan sejenisnya, juga gagasan dokumen penilaian komprehensif sebagai pengganti Ujian Nasional; rn+ Reorientasi basis ideologis dan kurikulum pendidikan dasar, tawaran desain pembelajaran Pancasila dan kewarganegaraan perspektif kritis, dan pembelajaran sastra perspektif literasi kritis untuktransformasi sosial;rn+ Kajian kritis atas neoliberalisasi pendidikan dalam bentuk World Class University,rnUndang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, beserta solusinya untuk menjadi perguruan tinggi pendorong transformasi sosial di Indonesia;rn+ Kritikatas orientasi pendidikan calon guru yang inferior lerhadap prolesi lain liingyarnmengaburkan hakikat profesi guru sekaligus solusi idealnya.rnrnBuku ini cocok dibaca oleh mahasiswa, dosen, aktivis pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin mengetahui problem-problem pendidikan kita yang sering kali tidakrndisadari oleh khalayak ramai. Kasus-kasus dan analisis tajam perspektif pedagogi kritis dalam buku ini patut dipelajari, terutama mahasiswa kependidikan dan para pendidik pada umumnya. Buku ini juga memuat solusi-solusi jitu yang sering kali tidak terpikirkan oleh masyarakat dan sudah semestinya dibaca oleh para pendidik dan pengambil kebijakan untuk dikembangkan lebih lanjut.rn
Tersedia | SJN00002064 | 370 EDI p | Perpustakaan Amir Machmud (300) |
Tidak tersedia versi lain