Text
Sistem Birokrasi Pemerintahan di Daerah dalam Bayang-Bayang Budaya Patron-Klien
Budaya Patron-patron pada birokrasi Pemerintah Daerah dinyatakan yang dinyatakan dalam buku ini lebih dimungkinkan terjadi karena adanya atau Klien antara si pelanggan dan klien dalam hal kepentingan kekuasaan ekonomi, saling kebergantungan secara psikologis, kesukuan dan kekerabatan, inilah gejala umum yang menurut penulis buku ini terjadi setelah melalui interaksi dan pertukaran perilaku sosial yang membangun oleh struktur pada struktur pada birokrasi di daerah, inilah juga yang menyebabkan klien-klien akan selalu membayangi birokrasi di daerah. Menurut saya hal inilah yang menjadikan buku ini menjadi demikian menarik untuk dibaca oleh setiap pelaku birokrasi tidak hanya pada tingkat daerah. Apalagi secara teoretis penulis telah menolak teori Patron-Klien dari Scott dan Roniger dan menemukan bahwa ternyata hubungan Patron Klien terjadi bukan berdasarkan hubungan emosional semata-mata seperti yang sering dikemukakan banyak pengamat dengan banyak komentar pula.
Tersedia | SJN00001961 | 352 KAU s | Perpustakaan Amir Machmud (300) |
Tidak tersedia versi lain