Text
Kuasa media di Indonesia : kaum oligarki, warga, dan revolusi digital
Cara berkomunikasi, cara mencari berita dan informasi, bahkan kehidupan sosial dan politik yang lebih luas di Indonesia saat ini tengah berubah pesat akibat perkembangan media-media digital kontemporer. Kendati statistik resmi menyebut penetrasi internet di Indonesia masih sangat rendah, nyatanya Indonesia dikenal sangat aktif di media sosial; lebih dari 70 juta penduduk Indonesia mempunyai akun Facebook dan kicauan terbanyak di twitter berlokasi di Jakarta.Berdasarkan riset selama 7 tahun didalamnya meneliti bagaimana digitalisasi telah membuat industri media massa di Indonesia mengalamai pemusatan dan konglomerasi, yang memungkinkan para oligark pemilik media massa semakin kaya sekaligus berpengaruhsecara politik. Sebaliknya juga membuka peluang bagi warga biasa untuk menyuarakan kepentingannya dan memperjuangkan perubahan.
Tersedia | SJN00006075 | 302.231 TAP k | Perpustakaan Amir Machmud |
Tidak tersedia versi lain