Pendidikan Politik Kepemimpinan dan Kepeloporan

Collection Location Perpustakaan Amir Machmud (Setjen Kemendagri)
Edition
Call Number 320.07 IDR p
ISBN/ISSN 978-602-446-563-6
Author(s) Idrus Affandi
Subject(s) politik
Ilmu Politik
Pendidikan Politik
Classification 320.07
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Remaja Rosdakarya
Publishing Year 2021
Publishing Place Bandung
Collation 276 hlm.: 21 cm.
Abstract/Notes Politik bagi bangsa Indonesia saat ini merupakan entitas yang tidak disukai, bahkan dibenci. Pengertian masyarakat terhadap politik sedemikian negatif. Padahal, politik tak seburuk yang dibayangkan dan dirasakan bangsa Indonesia. Politik hanyalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Menurut Prof. Dr. Idrus Affandi, S.H., politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Intinya, politik tak seburuk yang didefinisikan dan dirasakan masyarakat. Bahkan, politik adalah sesuatu yang mulia karena dengan politik berbagai keputusan penting dan berguna bagi masyarakat diciptakan. Dengan politik, kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat dapat terwujud.

Banyaknya kesan masyarakat yang menyatakan bahwa politik adalah buruk, kata Guru Besar Pendidikan Politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini, akibat masyarakat kurang mendapatkan pengertian tentang politik. Itulah sebabnya, masyarakat perlu mendapatkan pendidikan politik. Orang yang melek politik (politics literate) menganggap bahwa politik adalah tugas bersama untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis, aman, tenteram, bahagia, dan sejahtera.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous