MEDAN, Waspada.co.id – Dorong para pelaku UMKM dalam memasarkan usahanya melalui peran digital, Tim Dosen Pengabdian LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) yang terdiri atas dosen dan mahasiswa dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris melakukan program masyarakat pada pelaku usaha UMKM di Kelurahan Tambang dan Kelurahan Tambang Hulu, Kecamatan Padang Hilir, Tebing Tinggi.
Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan literasi digital berupa pendampingan pada pelaku usaha lokal dalam memasarkan produk-produk olahan menggunakan iklan digital dengan memanfaatkan media online dan marketplace.
Pada hari Selasa, 6 Juli 2021 lalu Tim Dosen Pengabdian LPPM Unimed, yaitu Farida Hanim Saragih, S.Pd., M.Hum., Christine Helena Nataila, S.Pd., M.Hum, didampingi oleh Rahmat Triyanto Hazli, Yoppi Widiaskara dan Nadia Virdhani Hia, melakukan pengenalan dan pendampingan secara langsung di Kelurahan Tambangan dan Kelurahan Tambangan Hulu, Kecamatan Padang Hilir, Tebing Tinggi.
Kegiatan ini dihadiri oleh penerima manfaaat sebanyak 20 orang dari berbagai Unit UMKM. Program ini dilaksanakan secara luring dengan mengikuti protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan pemerintah Provinsi Sumatra Utara yang berlaku.
Kegiatan dibuka oleh Farida Hanim Saragih, S.Pd., M.Hum, selaku Ketua Tim Dosen Pengabdian LPPM Unimed, yang dilanjutkan dengan sambutan Lurah Tambangan dan Lurah Tambangan Hulu. Materi dibawakan oleh tim dengan sosialisasi mengenai sistem pemasaran digital, pengenalan iklan digital melalui Google Ads dan pendampingan pembuatan akun pada marketplace Shoppe.
Pada kesempatan ini, Tim Dosen Pengabdian LPPM Unimed juga memberikan saran dan masukan kepada pelaku usaha UMKM dalam pengembangan kemasan, penamaan merk, dan teknik pemasaran yang baik.
“Program pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk membantu mitra agar memiliki keterampilan untuk memasarkan produk secara digital melalui platform GoogleAds dan marketplace Shopee. Berdasarkan survei dan hasil wawancara dengan pelaku usaha, diketahui bahwa omset yang didapatkan pelaku usaha lokal cenderung menurun drastis akibat dari pandemic Covid-19. Kendala utama yang mereka hadapi adalah menurunnya jumlah pembeli karena adanya pembatasan sosial dan akses yang terbatas antara penjual dan pembeli. Keberadaan iklan digital dan pemasaran melalui marketplace diharapkan menjadi solusi untuk melakukan ekspansi pemasaran ke daerah lain,”tutur Farida Hanim Saragih, S.Pd., M.Hum, selaku Ketua Tim Dosen Pengabdian LPPM Unimed.
Kelurahan Tambangan dan Kelurahan Tambangan Hulu memiliki unit-unit UMKM yang berdaya saing dengan kualitas yang tidak kalah dengan UMKM lokal lainnya. Kelurahan Tambangan terkenal dengan produksi gula merah khas air nira asli yang menjadi favorit banyak orang.
“Gula merah khas Tambangan adalah produk yang tidak kalah saing dengan gula merah dari daerah lain. Tapi mengapa hasil produksi dari daerah lain bisa lebih terkenal? Bisa jadi karena pemasaran kita yang kurang. Untuk itu, keberadaan pendampingan dari Tim Dosen LPPM Unimed sangat bermanfaat untuk menggiatkan masyarakat setempat agar memproduksi gula merah terbaik dan bisa berkompetisi dengan hasil produksi gula merah dari daerah lain”, jelas Lurah Tambangan.
Tambangan saat membuka kegiatan pendampingan di Balai Desa Kelurahan Tambangan. Tidak jauh berbeda, tanggapan positif juga diberikan oleh Lurah Tambangan Hulu yang sangat mengapresiasi kegiatan pendampingan. Beliau mengimbau agar pelaku usaha tidak hanya fokus pada produksi, namun juga pada aspek pemasaran seperti melakukan promosi secara digital menggunakan platform digital Google Ads dan marketplace Shoppe agar produk tidak hanya terkenal secara lokal, namun juga nasional.
Hasil pemantauan kegiatan menunjukkan antusiasme dari pelaku usaha dan stakeholder yaitu pemerintah kelurahan dengan materi yang interaktif dan jelas yang dibawakan oleh Tim Dosen LPPM Unimed.
Beberapa pelaku usaha mengatakan sangat terbantu atas program tersebut, karena mereka mendapat banyak saran dan masukan yang bermanfaat untuk melakukan pemasaran yang lebih baik lagi pada produk yang mreka olah.
“Diharapkan juga dengan adanya iklan yang dipasang pada media digital seperti Google Ads dan Shoppee, turut menggiatkan perekonomian masyarakat setempat melalui promosi produk oleh-oleh Kota Tebing Tinggi sehingga dapat menarik perhatian pembeli dan wisatawan yang mengujungi Kota Tebing Tinggi,”tandasnya.(wol/eko/d2)
sumber : https://waspada.co.id/2021/08/upaya-literasi-digital-dorong-pelaku-usaha-memanfaatkan-peluang/
0 Comments